Rahasia Sholat Tahajud, Tafakur/ Meditasi

 Rahasia Sholat Tahajud, Tafakur/ Meditasi
By Wahid Suharmawan

Ada sebuah rahasia penting yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini. Sebuah rahasia yang maha dahsyat bila anda rutin melaksanakan sholat sunah Tahajud. Sholat yang dilaksanakan sepertiga malam dengan penuh keheningan, karena di saat itu banyak orang yang tertidur lelap.

Pada saat itulah sebaiknya anda bangun dari tidur. Mengambil air wudhu lalu melaksanakan sholat sunah Tahajud. Boleh anda laksanakan 2 rakaat
ditutup dengan witir 1 rakaat. Boleh juga 8 rakaat dan ditutup dengan witir 3 rakaat. Bila anda sanggup, boleh juga sampai 23 rakaat.



Namun, yang paling penting adalah konsistensi dalam pelaksanaannya. Lebih baik melaksanakan sholat tahajud dengan rakaat yang sedikit tapi rutin tiap malam, daripada banyak rakaatnya tapi tidak rutin. Anda perlu konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi dalam diri.

Hal terpenting dari sholat tahajud adalah anda merenungi hidup ini, melakukan instropeksi di hari kemarin dan memohon ampunan kepada Allah dengan seraya beristighfar dengan penuh ke-khusyuk-an. Memohon diberikan kemudahan dalam melaksanakan aktivitas esok hari, dan yang lebih penting berdoa kepada Allah agar di lapangkan rezeki.

Sekarang orang barat menemukan adanya Meditasi yang dengan Kuasanya, Meditasi ini adalah antara RAHASIA AGUNG yagng disebut: Hukum alam telah mengatakan bahwa manusia itu adalah makhluk yang padanya ada getaran frekuensi tenaga (metafisik). Dalam arti kata lain, manusia adalah "MENARA KOMUNIKASI TENAGA" yang padanya ada bermacam-macam getaran frekuensi. 

Melaluinya berbagai getaran frekuensi tenaga dapat dijadikan untuk berbagai tujuan kehidupan. Getaran komunikasi tenaga yang berlaku adalah bergantung pada ketetapan @ ’setting’ yang dilakukan seseorang pada mindanya. Berfikir adalah seni @ cara melakukan ketetapan @ setting; ia juga dikenali sebagai tafakkur (merenung dengan akal) dan tafakkur itu adalah bermeditasi (berfikir dengan @ ketenangan). Maka, meditasi sebenarnya juga adalah ’merenung / berfikir sejenak dengan penuh ketenangan’.Apakah ini rumit? Apakah anda perlu diajar untuk bermeditasi (berfikir/bertafakur?) sedangkan memang anda mempunyai waktu untuk melakukannya? Mengapa meditasi, bertafakur dan berfikir terlalu diasingkan hingga menjadi dua gerak kerja yang berbeda.

Mengapa meditasi dan berfikir/tafakur terlalu diasingkan hingga menjadi dua gerak kerja yang berbeda sedangkan ia adalah sama? Meditasikan (fikirkan/bertafakur) semenit….Agar Anda punya MENARA KOMUNIKASI, anda bertanggung jawab atas segala getaran frekuensi dan ’setting’ yang Anda buat sendiri.
Alhasil….Jika anda fikirkan/bertafakur untuk kebaikkan.. ia menghantar isyarat kebaikkan kepada alam dan alam akan memantulkan kebaikkan kepada anda. Begitu juga sebaliknya!. AWASI apa yang anda FIKIR & RASA karena iai adalah isyarat yang anda set kan pada antenna tubuh anda. Hidup kita penuh dengan berbagai isyarat gelombang.. ia ada disekeliling kita.

Tanpa sadar kita mungkin mengambil isyarat yang salah atau menghantar isyarat yang salah. Meditasi untuk memfikirkan/bertafakur sejenak dapat menukarkan isyarat negatif kepada positif.. lakukan proses ini dengan meghantarkan isyarat yang benar kepada alam dan dalam mood yang penuh ketenangan. Ingat!, perasaan adalah sistem sementara untuk isyarat yang anda hantar. Perasaan tenang, gembira, suka dan lain-lain adalah indikator pada apa yang anda fikirkan tentangnya dan begitulah sebaliknya.

Saya menjadi teringat ketika hendak menikah di Garut pada tahun 1993. Pada malam sebelum nikah, saya sempat bingung karena uang untuk transport penghulu dan juga tempat penginapan belum ada di kantong (saya dari Jawa Timur). Saya berdiskusi dengan almarhum ayah untuk mencarikan solusinya. Lalu saya katakan kesulitan saya itu kepada beliau. Ketika kesulitan itu saya sampaikan, ayah saya cuma tersenyum dan menyuruh saya untuk melaksanakan sholat tahajud.

Malamnya, saya sholat tahajud dengan penuh kekhusyukan agar besok dimudahkan dari segala urusan. Saya berserah diri kepada Allah seraya berdoa agar diberikan rezeki karena akan menikah besok lusa. Saya pun berdoa sambil menangis sesunggukan memohon ampun kepada-Nya. Segala ikhtiar sudah ditunaikan, sekarang saatnya saya berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Semoga Allah mengabulkan segala permintaan saya yang akan menikah esok lusa.

Besok paginya, setelah sholat subuh berjamaah, ada ketukan pagar dari luar rumah. Begitu saya tengok keluar, ada pak Yono, salah satu pengurus masjid Al Iman datang ke rumah kami. Setelah pintu pagar dibuka, lalu saya persilahkan beliau masuk ke ruang tamu. Setelah beliau ada di ruang tamu, maka mengobrollah kami sebentar, lalu tiba-tiba saja diberinya saya amplop yang berisi uang. Jumlahnya pas banget dengan yang saya butuhkan. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, saya mengucap syukur kepada Allah. Ternyata di pagi hari itu, Allah memberikan rezekinya lewat pak Yono dan kawan-kawan pengurus masjid yang tidak bisa ikut hadir dalam pernikahan saya di kota Garut.

Rahasia sholat tahajud mungkin sudah pernah anda dapatkan. Dia datang berbeda-beda caranya. Ada yang cepat, dan ada yang lambat. Tergantung dari ridho Allah, dan cara kita berdoa. Terkadang kita sering terlupa bahwa doa adalah permohonan dan permintaan hambaNya yang memasrahkan dirinya agar diampuni dosanya, diberikan kemudahan hidup di dunia dan akhirat kelak. Merendahkan diri dihadapan sang penguasa langit dan bumi.

Semoga Allah mengabulkan doa-doa hambaNya yang berserah diri pada saat-saat keheningan sepertiga malam dengan melaksanakan sholat sunah tahajud. Oleh karenanya, jangan lupa pula untuk selalu sadar diri bahwa akan ada hidup sesudah mati. Di dunia ini kita hanyalah seorang pengembara yang singgah sebentar, lalu pergi kembali.

Sudahkah anda rutin melaksanakan sholat tahajud dan menemukan rahasia di dalamnya?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon untuk Komentar ANDA.........................