Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Adalah sebuah kemajuan besar ketika Anda mulai bertanya bagaiamana cara berhenti dari merokok. Ini adalah sebuah modal penting yang sudah ada diri Anda. Saya kira Anda akan lebih mudah berhenti, karena Anda sendiri telah menginginkannya. Berikut ini adalah beberapa tips berhenti merokok yang bila Anda melakukan semuanya dengan serius, saya percaya Anda akan dengan mudah dan cepat berhenti merokok.
Ada 3 perubahan yang harus Anda lakukan untuk bisa berhenti dari merokok; yaitu; 

  •  perubahan mind set atau pola pikir tentang rokok,
  •  perubahan cara dan kebiasaan merokok
  •  perubahan gaya hidup dan pergaulan 

Rubah mind set Anda

Mengapa  Anda selama ini kecanduan merokok? Penyebab terbesarnya adalah pola pikir Anda tentang merokok. Anda beranggapan merokok baik dan menguntungkan Anda. Anda beranggapan merokok bisa menambah gairah dan semangat Anda. Anda juga menganggap merokok tidak berbahaya untuk kesehatan Anda. Anda mungkin berkata pada diri sendiri, “saya kan sehat-sehat saja!” Anda akhirnya berpikiran bahwa tanpa rokok akan sulit menjalani hari-hari dan beraktifitas.

Nah, selama pola pikir itu masih merasuki diri Anda, selama itu pula merokok akan selalu melekat dengan kebiasaan Anda. Maka, sekarang rubah lah pola pikir itu. Percayalah, merokok sangat buruk dan berbahaya bagi Anda. Merokok merugikan Anda secara ekonomi, kesehatan, dan sosial. Semangat dan gairah itu bukan dari rokok, tapi dari pola pikir Anda tentang diri Anda sendiri. Merokok sangat merusak kesehatan Anda, mungkin langsung saat itu. Bahaya  itu akan berakumulasi dan suatu saat kemudian di masa yang akan datang Anda baru bisa merasakannya. Dengan merokok, Anda sedang menginvestasikan beragam penyakit dalam bagi diri Anda sendiri.

Sebagai muslim, saya percaya bahwa seorang akan sangat direpotkan kelak pada hari perhitungan amal. Dia akan digugat banyak orang yang ketika di dunia Anda racuni dengan asap rokok Anda. Bukan kah Anda juga tahu, perokok pasif yaitu mereka yang tidak merokok tetapi ‘dipaksa’ menghisap asap yang keluar dari ujung rokok atau tiupan mulut Anda. Bahaya yang mereka terima lebih besar daripada Anda sendiri! Rasulullah saw bersabda, Laa Dlarara wa laa dliraara. Tidak bolah ada perbuatan yang merugikan diri sendiri dan merugikan orang lain! Allah swt bahkan melarang tegas perbuatan yang membahayakan diri sendiri. Wa laa tulquu bi aydiikum ilaa at-tahlukati
Rubahlah pola pikir Anda dengan dua paragraf terakhir yang baru saja And baca. Yakinkan diri Anda bahwa merokok merugikan Anda. Jangan dulu beranjak pada tips berikutnya, sebelum Anda merasa pola pikir Anda siap berubah.

Rubah cara merokok Anda

Mind set Anda sudah berubah? Bila sudah, silahkan lanjutkan membaca.
Langkah berikutnya setelah pola pikir Anda berubah adalah merubah kebiasaan merokok. Langkah ini diperlukan bila perubahan pola pikir tidak berhasil langsung menghentikan kebiasaan merokok Anda secara total. Inilah langkah yang harus Anda lakukan, Kurangi kuantitas merokok Anda. Kurangi jumlah batang yang diisap, jumlah hari merokok, lama waktu merokok. Kurangi itu kata kuncinya. Bila biasanya Anda merokok 1 bungkus dalam 1 hari, Anda bisa menguranginya menjadi ½ bungkus dalam 1 hari pada hari pertama, ¼ bungkus per hari pada hari ke-3, 2 batang rokok perhari pada hari ke-5, dan 1 batang rokok pada hari ke-7. Anggaplah Anda masih sulit berhenti, Anda masih bisa merokok dengan 1 batang per hari. Setelah 1 pekan, Insya Allah Anda mulai bisa berhenti merokok.  


Perubahan gaya hidup dan pergaulan

Pergaulan yang buruk akan membawa pada kebiasaan yang buruk. Jadi berusahalah jauhiteman- teman yang merokok,tapi bukan bearti memutuskan hubungannya sebagai teman.Bila di tawari katakana dengan sungguh-sungguh bahwa kamu sendiri sudah berhenti merokok dengan perasaan bangga. Sebab mereka juga pasti ingin berhenti tapi tidak mampu saja.Daripada sendiri tertular dan menjadi perokok pasif yang pada akhirnya dapat terkena dampak negatifnya juga dari rokok,lebih baik menjauh. Mulailah memiliki pergaulan yang sehat demi menjaga kesehatan.

7 komentar:

  1. Deby Seltim26/01/11 21.33

    Sya prokok aktif, tetapi saya sangat membenci orang yang merokok di sembarang tempat....saya sudah berusaha untuk berhenti merokok, ttapi cuma bsa brthan 2 mngguan, uda tu kmbli mrkok lg.....mga tips yang bpak brikan ini akan mrbah kebiasaan bruk saya, prokok aktif.......

    BalasHapus
  2. sama-sama kita berusaha utk menghilangkan mrokokok....

    BalasHapus
  3. ass....//selamat pagi....
    saya juga perokok berat pak,,dari smp kelas 2 saya mulai ngerokok,,sampai saat ini saya belum bisa berhenti merokok....
    dan udah pernah saya coba berhenti ngerokok,,,tapi cuma bisa berhenti 1minggu.....dan rasa ingin ngerokok itu kembali lagi....
    semoga setelah saya komunikasi dengan bapak,,saya mampu untuk berhenti ngerokok....
    =I like this blog.....
    wass.....

    BalasHapus
  4. makasih Fahmi..... Semoga Blog ini dapat memberikan manfaat bagi semua...

    BalasHapus
  5. mudah2an bisa berhenti merokok walaupun baru niat....
    makasih pak atas tipsnya........

    BalasHapus
  6. waw..
    menyeramkan.. >.<
    tapi terkadang disaat benar2 stresh pengen banget ngerasain ngerokok...
    tapi untungnya sampai sekarang belum kesampaian niatnya.. :)

    BalasHapus
  7. makasih atas saran nya smoga aja saya bisa berenti merokok,AMIN YA ROBAL ALAMIN.sekali lagi saya ucapkan trimakasih.

    BalasHapus

Mohon untuk Komentar ANDA.........................