Aplikasi Impact Counselling

Ditulis dari Sumber Asli : Wahid Suharmawan
Ini adalah cerita yg mendapat izin dari Sahabat saya sesama profesi di Prodi Bimbingan Konseling, bahwa meng-konselingi orang terdekat ( Suami/istri/anak/orangtua) adalah Amat berat dan Susah dalam Konseling tapi dengan Aplikasi Impact Counselling jadi Efektif dan efesien, begini ceritanya;

Dia telah berkeluarga 19 thn, dan Istrinya adalah anak bungsu yg terbiasa dimanjakan dg sgala kebutuhan psikis dan Kebendaan oleh keluarganya, sehingga dia menilai dirinya sendiri.... " ya beginilah saya, dan sy tidak akan bisa berubah krn sdh terbiasa dg keadaan di keluarganya itu."

alkisah seperti yang diceritakan kepada saya maka berlangsunglah diskusi malam itu menjelang tidur ttg bagaimana mengubah persepsi Dirinya Ttg dirinya yang "tidak akan bisa berubah..." .

Disini Sahabat saya tersebut memberikan analogi masalah dg "Kaca Spion Mobil",

Suami = "bagaimana kamu bisa berubah dan bisa maju, kalau yg diingat adalah pengalaman masa lalu yg menyenangkan dg segala fasilitas yg tercukupi, ibarat membawa mobil yg kamu lihat adalah kaca spion terus....apalagi yg terjadi sekarang adalah kamu melihat kaca spion yg luasnya sebesar kaca mobil di depan, sehingga sampai sekarangpun kamu tidak maju-maju...

Istri = sambil tertawa-tawa istri sy memahami analogi yg sy berikan, krn jarang terjadi istri sy tertawa kalau di beri nasihat.....dan sampai sekarang istri tsb.mencoba utk, belajar merubah pola pandanganya yg keliru tsb.... ( Alhamdulillah.......)

( Wahid Suharmawan )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon untuk Komentar ANDA.........................