Rasa Syukur

Rasa Syukur

Syukur, suatu ungkapan yang tidak dapat digambarkan keindahannya yang tak bertara. Rasa syukur yang paling indah adalah ketika seorang manusia dengan rendah hati dan sepenuh hati bersyukur pada Sang Pencipta, akan segala karunia yang telah dianugerahkan-Nya pada kita semua. Rasa syukur menunjukkan bahwa kita adalah manusia yang lemah, dan tentunya kita membutuhkan kekuatan, yang mana kekuatan itu selalu datang dari-Nya dan atas kehendak-Nya pula. Jadi,
sudahkah Anda bersyukur? Sudahkah Anda merasakan tambahan nikmat atas syukur Anda? Apakah Anda ingin mendapatkan nikmat yang lebih besar lagi? Lupakanlah mengeluh, mulailah perbanyak bersyukur.

Sebenarnya, ada dua hal besar yang dapat diperoleh dari rasa syukur. Kedua hal ini akan mengubah hidup Anda jika Anda mendapatkannya.

Yang pertama, curahan Karunia dan Rahmat-Nya akan semakin besar pada Anda. Tuhan selalu mendengar doa para hamba-Nya. Semakin tulus doa itu, semakin besar pula Rahmat dari-Nya. Rasa syukur adalah doa yang paling tulus pada-Nya.

Lalu yang kedua, rasa syukur akan menciptakan perasaan yang tenang atau sering disebut feeling good. Dengan bersyukur, hidup Anda akan lebih bahagia. Percayalah, bahwa rasa syukur itu sesungguhnya adalah kedamaian abadi setiap manusia. Anda akan merasakan damai, tentram, meskipun Anda berada dalam kondisi yang buruk sekalipun. Kebahagiaan dari rasa syukur adalah bersifat batiniah, bukan lahiriah.

Lalu apakah manfaat Feeling Good?

Jika Anda tahu Hukum Daya Tarik (law of attraction), feeling good akan meningkatkan kekuatan Anda menarik apa yang Anda inginkan. Kekuatan hukum ini akan sebanding dengan keyakinan dan perasaan positif. Sementara semakin banyak kita bersyukur, akan semakin banyak perasaan positif pada diri kita.

Motivasi akan muncul dari kondisi emosi yang positif. Sementara bersyukur akan menciptakan emosi yang positif karena kita fokus pada hal-hal yang positif. Semakin banyak Anda bersyukur akan semakin besar motivasi yang Anda miliki.

Bersyukur akan membentuk pola pikir sukses. Pola pikir sukses adalah keyakinan dalam mendapatkan. Saat kita bersyukur, maka pikiran kita secara tidak sadar diberikan suatu “pola” mendapatkan, sehingga akan terbentuk pola sukses.

Dengan bersyukur, Anda juga akan terhindar dari keserakahan yang menyesatkan. Rasa syukur meningkatkan kesadaran akan apa yang telah dicapai bukan merupakan keserakahan, namun adalah karunia atau berkah. Jika pencapaian itu berasal dari keserakahan, maka tidak akan ada kebahagiaan.

Dengan melihat manfaat-manfaat dari feeling good, dapat disimpulkan bahwa feeling good adalah mungkin menjadi salah satu cara Sang Pencipta memberikan nikmat tambahan kepada kita. Ya, kebenarannya adalah, semakin banyak bersyukur, akan semakin banyak pula berkah dari-Nya.

Dengan begitu tak terbatasnya nikmat dari rasa syukur, maka seharusnya kita sebagai umat-Nya harus bersyukur dan selalu bersyukur. Untuk dapat selalu bersyukur, kita pun harus selalu meningkatkan rasa syukur itu. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan rasa syukur;

Untuk meningkatkan rasa bersyukur, Anda harus lebih jeli dan peka terhadap berbagai nikmat yang diberikan-Nya. Kurangnya kepekaan terhadap nikmat dari-Nya akan mengurangi rasa syukur Anda, sebab Anda merasa tidak ada yang perlu disyukuri lagi. Meningkatkan kepekaan bisa dilakukan dengan melakukan perenungan terhadap apa yang terjadi pada hidup Anda sehari-hari. Luangkan waktu Anda setiap hari untuk merenungkan nikmat dari-Nya setiap harinya.

Setiap saat, kita mendapatkan nikmat baru. Satu detik waktu berlalu berarti kita mendapatkan nikmat hidup selama satu detik. Nafas kita, penglihatan kita, penciuman kita, detak jantung kita dan sebagainya yang tidak mungkin disebutkan satu per satu karena tak terbatasnya. Renungkanlah hal itu, dan Anda akan menyadari betapa harus bersyukurnya kita dalam setiap nafas.

 Selalu ada hikmah dari setiap kejadian, baik kejadian pada diri sendiri maupun orang lain. Sementara setiap saat selalu ada kejadian, berarti selalu ada hikmah yang bisa diambil. Sedangkan, hikmah adalah suatu nikmat. Syukurilah, manis ataupun pahitnya.

Jadi, sudahkah kita bersyukur hari ini?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon untuk Komentar ANDA.........................